NATSIR , Lawan Politik “ SOEKARNO YG DIANGKAT MENJADI MENTERI & PERDANA MENTERI

Standard

Mohammad Natsir, Adalah salah satu tokoh pergerakan Kemerdekaan , yang mempunyai sikap jujur dan sederhana.
Guru Besar University Cornell sekaligus seorang Indonesianis asal Amerika, George McTurnan Kahin, menggambarkan kesederhanaannya dalam buku Natsir, 70 Tahun Kenang-kenangan Kehidupan dan Perjuangan.
Kahin bertutur, saat pertama kali bertemu di Yogyakarta, dia heran dengan penampilan Natsir yang sama sekali tak tampak sebagai seorang menteri. “Ia memakai kemeja bertambalan, sesuatu yang belum pernah saya lihat di antara para pegawai pemerintah mana pun,” tulis Kahin. Kemeja Natsir juga hanya ada dua, kata dia, itu pun kusam. (nasional geographic)
Rumah yang didiaminya pun ketika menjabat sebagai menteri penerangan adalah pinjaman dari seorang teman.
Pada Tahun 6 September 1950, Natsir dilantik oleh Soekarno sebagai perdana menteri ke 5 ,karena Gagasan “Mosi Integral: menentang (Konferensi Meja Bundar (KMB), mengembalikan Negara Indonesia dari bentuk RIS menjadi NKRI.
Natsir , Tetap menujukkan kesederhanaan sikap hidup jauh dari kemewahan, sebuah tauladan yang layak diwarisi anak bangsa
Dan salah satu pelajaran terpenting yang harus diambil oleh anak bangsa tentang sikapnya terhadap bung karno, walapun |Partainya Dibubarkan , pernah dipenjara dan dituduh memberontak ,
==Seorang Rekannya di Petisi 50 Chris Siner Key Timu memberi kesaksian betapa dalam setiap rapat Natsir tak pernah menyinggung-nyinggung Bung Karno apalagi menjelek-jelekkan.
“Tidak pernah dia mengeluarkan kata-kata yang buruk soal Bung Karno. Dari situ saja sangat terlihat sifat kenegarawanannya itu,” tulis Key Timu dalam buku 100 Tahun Mohammad Natsir.

Setelah tragedi berdarah tahun 1965 pecah, Natsir juga tidak pernah berpikir menggunakan kesempatan yang ada untuk meraih kekuasaan atau demi kepentingan pribadi.

Begitulah Natsir. Dia dikenang sebagai politisi yang santun. Perbedaan pendapat dengan lawan politik, tidak melanggengkan sikap saling dendam. Natsir tetap menganggap lawan politiknya sebagai teman=(merdeka.com)
KARENA NATSIR TAHU & MENGERTI, BETAPA BESARNYA JASA BUNG KARNO UNTUK NEGERI INI ,

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s