SEJARAH STANDAR MATA UANG KITA ADALAH “EMAS” 1946” ORI/RP . 1 = 1 DOLLAR

Standard

Tahukah kita bahwa sejarah mata uang kita , berstandar “EMAS”
Mata Uang yang bernama ORI Oeang Republik Indonesia, ditetapkan oleh Presiden soekarno pada tgl 3 oktober dan ditanda tangani oleh menteri keuangan ketika itu AA Maramis, and resmi beredar 30 Oktober 1946
Setiap 1 sen mata uang “ORI” di cadangkan emas 0,5 gram emas artinya 2 ori sam dengan 1 gram emas sebagai cadangan devisa.
Sekarang Salah satu akibat mata uang kita tidak berstandar Emas, nilainya semakin turun, sekarang 1 Dollar adalah Rp. 13.000

analis Millenium Penata Futures, Suluh Adil Wicaksono mengatakan, pemerintahan Presiden RI-1 Soekarno memiliki kisaran nilai tukar Rp 1 per dolar. ,pak harto adalah Rp. 2000 ( https://www.kaskus.co.id ›)

Dalam sebuah pernyataan yang diberitakan oleh (https://finance.detik.com/)
Mantan Menteri Koordonator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya, Rizal Ramli :
“Saudara kebayang nggak, cadangan devisa emas Bank Indonesia (BI) hanya 100 ribu kg, China hanya beberapa juta kg, Freeport cadangan emasnya itu 16 juta kg. Bayangin setengahnya saja kita masukin ke dalam cadangan devisa BI, rupiah menguat ke berapa? Bisa menguat ke Rp 2.000 per dolar,” ujarnya.

Sejarah Nusantara sebelm Indonesia merdeka mata uang kita adalah emas, sejarah kerajaan kerajaan Islam maupun Majapahit mengunakan mata uang berstandar emas, perak sebagai nilai tukar. Bahkan ketika belanda menjajah kita mata uangnya bernama Gulden.

Daftar Pustaka
Wikipedia
Detik.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s